Perbedaan Alat Pemadam Api Catridge & Stored Pressure

Tabung Alat Pemadam Kebakaran Api

Perbedaan Alat Pemadam Api Catridge & Stored Pressure – Indonesia memiliki tingkat potensi kebakaran yang tinggi. Maka standart keselamatan seperti pengadaan alat pemadam kebakaran memang sudah seharusnya dilakukan.

Tidak heran jika kini semakin banyak distributor yang jual alat pemadam kebakaran berat APAB maupun alat pemadam api ringan APAR.

Alat pemadam kebakaran api sendiri dibedakan menjadi 2 jenis yaitu catridge dan store pressured. Perbedaan dari keduanya adalah sistem penyemprotan media pemadam apinya.

Catridge

Sistem catridge tekanannya dimasukkan ke dalam tempat berbeda dengan pemadamnya.

Sehingga catridge diklaim bisa bertahan 10 sampai 20 tahun lebih tahan lama dari stored pressure.

Kenapa catridge bisa lebih tahan lama bukanlah tanpa sebab, tekanan ditabung terpisah akan mengurangi beban tabung.

Selain itu resiko kebocoran pun berkurang.

Sistem catridge juga mudah diservice, karena tekanan tabung terpisah dengan media pemadamnya maka tabung bisa dibuka kapanpun.

Stored Pressure

Berbeda dengan stored pressure, tabung pemadam api jenis ini media dan tekanan dijadikan satu ke dalam tabung.

Sistem kerja pada stored pressure sendiri menggunakan sistem buka tutup, saat kita menekan handle katub akan terbuka dan media akan keluar melalui selang tabung pemadam.

Untuk memastikan tabung pemadam api tersebut berisi tekanan atau tidak biasanya tabung pemadam jenis stored pressure ini dilengkapi dengan alat pengukur tekanan.

Disisi lain stored pressure juga memiliki kekurangan.

Karena media bercampur dengan tekanan maka mau tidak mau setiap 1 bulan sekali harus rutin membolak-balik tabung agar media pemadam yang ada didalam tabung tidak menggumpal.

Selain itu untuk servis tabung pemadam jenis ini tidak seperti catridge yang langsung bisa mengisi ulang media pemadam yang ada didalamnya.

Tabung stored pressure harus mengosongkan isi media yang ada didalam tabung tersebut apabila ingin mengisi ulang tabung pemadam.

 

Itulah perbedaan tabung pemadam catridge dan stored pressure.

Semoga bermanfaat 🙂

 

Jika anda ingin membeli alat pemadam api atau peralatan keamanan lainnya tidak usah bingung ingin membeli dimana.

Kami adalah salah satu distributor terbesar yang menyediakan berbagai alat keselamatan seperti baju tahan panas, ring buoy, baju tahan api dan masih banyak lagi.

Kami juga menjual alat pemadam api berat APAB dan alat pemadam api ringan APAR dengan berbagai media seperti serbuk kimia kering, foam dan juga CO2.

Anda bisa menghubungi kami melalui link berikut PT. Jaya Putra Multiguna.

 

Lihat Juga : Harga tabung pemadam api ringan 3 kg Stored Pressure

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *