Proses Pengisian Tabung Pemadam

Proses Pengisian Tabung Pemadam

Proses Pengisian Tabung Pemadam – Pengisian tabung pemadam memerlukan keahlian dan juga ketelitian dari teknisi yang bertugas untuk mengisi tabung pemadam api. Namun sebagai seorang user alat pemadam kebakaran, menjadi kebutuhan penting untuk mengetahui proses pengisian tabung pemadam. Hal ini dikarenakan media pemadam baik APAR maupun APAB memiliki masa kadaluarsa, yang berarti alat pemadam api tidak efektif lagi untuk memadamkan kebakaran.

Proses Isi Ulang Tabung Pemadam Api

Proses Isi Ulang Tabung Pemadam Api dimulai dari pengosongan tabung pemadam. Pastikan teknisi membersihkan tabung dari sisa-sisa media pemadam api sampai benar-benar bersih. Selain mencegah kecurangan dari jasa isi ulang pemadam, dengan menggunakan media pemadam rekondisi untuk diisikan kembali ke dalam tabung pemadam. Sisa media pemadam yang lama tidak akan tercampur dengan media pemadam baru yang akan disi.

Setelah tabung pemadam dibersihkan, maka teknisi melakukan pemeriksaan komponen tabung, seperti seal (head dan spindle) . Apabila ada kerusakan pada komponen, maka teknisi harus segera mengganti komponen yang rusak tersebut.
Cara Isi Ulang Tabung Pemadam
Setelah melewati proses pembersihan media tabung pemadam dan pengecekan komponen tabung. Maka langkah selanjutnya adalah mengisi media pemadam yang baru. Pengisian tabung pemadam baik tabung APAR maupun tabung APAB harus sesuai dengan media pemadam api sebelumnya. Contohnya : bila media pemadam sebelumnya adalah gas clean agent maka harus diisi ulang dengan gas clean agent juga. Bila media pemadam sebelumnya adalah powder, maka lakukan isi ulang dengan media powder.
Lakukan isi ulang media pemadam sesuai dengan kapasitasnya, jangan sampai kurang ataupun berlebih, Karena pengisian yang tidak sesuai dengan kapasitas tabung, akan mempengaruhi kinerja tabung nantinya. Jangan lupa untuk mengecek berat total tabung, yang diperoleh dari berat media dan berat tabung itu sendiri.
Setelah media pemadam diisi, segera tutup tabung dengan mengencangkan bagian head tabung pemadam dalam posisi standar. Kemudian lanjutkan dengan tahap pengisian tekanan pada tabung yang menggunakan sistem store pressure. Pengisian tekanan sesuai sampai jarum pada pressure gauge berada di area hijau. Kemudian lakukan pengetesan tabung pemadam api untuk menemukan kebocoran pada tabung. Apabila tidak terdapat kebocoran maka lakukan tahap akhir pengisian. Dengan memasang segel pada tuas tabung dan mengisi informasi masa kadaluarsa tabung sesuai dengan jenis media pemadamnya. Dan apabila Anda sebagai user jangan lupa melakukan inspeksi rutin pada tabung pemadam yang Anda miliki.
PT. Jaya Putra Multiguna telah menggunakan teknologi terbaru untuk proses isi ulang media pemadam. Sehingga media pemadam yang diisikan jauh lebih terjamin kualitasnya dan waktu pengisian juga jauh lebih singkat. Apabila Anda juga menginginkan produk alat pengisi tabung pemadam Anda dapat menghubungi customer service kami.
Kami juga menyediakan berbagai isi ulang media pemadam : powder, foam, co2 dan gas clean agent HFC-236FA

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *